Resep Sederhana Memasak Martabak Telor yang Enak| Bumbu Masakan Aneka Kreasi Kuliner Khas Indonesia -->

Resep Sederhana Memasak Martabak Telor yang Enak

Martabak Telor Spesial - Rasa yang paling nikmat ketika membuat martabak adalah saat mengaplikasikan resep dengan tepat. Bagaimana cara sederhana membuat martabak telor yang enak ? adalah dengan mencoba-coba sendiri, ya harus begitu.. dicoba-coba samai hasilnya enak, pasalnya setiap ibu rumah tangga pasti mempunyai rahasia sendiri saat membuat bumbu dan tidak akan pernah mereka sharingkan ke yang lainnya, seperti: mulai dari takarannya, cara menumbuknya dan model memasaknya, semua itu sangat berpengaruh pada hasil rasa masakannya.

Nah, bagaimana cara memulainya ? yuk ikuti artikel ini sampai selesai karena akan saya berikan resep umum yang bisa kamu jajal sendiri, secara umum resep ini merupakan resep standar dalam membuat martabak telor, kamu bisa mencoba-coba dengan menambahkan beberapa resep tambahan lainnya hingga rasa masakan martabak kamu enak sesuai keinginanmu.

Resep Sederhana Memasak Martabak Telor yang Enak

Marabak setahu saya ada dua katagori, manis dan telor. Yang manis nama lainnya martabak rembulan sedang yang telor seperti yang akan saya bahas disini.

Bahan Kulit Martabak Telor Spesial


Marabak telor berkulit tipis tidak seperti martabak manis. Biasanya kulitnya terbuat dari tepung adonan yang dibentuk bulat dan mempunyai ketipisan 2-3 mili saja. Nah berikut bahan membuat kulitnya.

  • 100 gram tepung terigu
  • Air matang secukupnya
  • 2 sdm telur kocok lepas (diambil dari telur untuk adonan isi)
  • 1 sdm minyak/margarine cair
  • Garam secukupnya


Bahan Isi Martabak


Isi martabak berbeda-beda, coba telitilah saat kamu membelinya, maka ada prize list standard dan jumbo/spesial, isinya juga berbeda, jika yang standar tanpa campuran daging sedangkan yang jumbo atau spesial dengan beranekaragam isi. Nah untuk isinya bahan membuatnya sebagai berikut.

  • 300 g daging giling
  • 1 batang daun bawang iris, dicampurkan saat menumis daging giling
  • 4 batang daun bawang iris
  • 6 sdm bawang bombay iris
  • 4 bawang putih, haluskan
  • 1 sdt curry powder
  • 6 butir telur
  • Merica dan garam secukupnya.


Resep Saus Martabak


Nah ini yang harus kamu perhatikan dengan seksama, pasalnya nikmatnya martabak ada disini, dibagian sausnya. Lalu apa saja bahannya agar rasa sausnya lebih nikmat ? adalah dengan mengaplikasikan bahan itu dan cara riset versi kamu sendiri, kamu harus mencoba berkali-kali hingga menghasilkan rasa sambal yang spesial. Standarnya saus martabak telor bisa kamu lihat bahan-bahannya berikut.

  • 2 sdm kecap asin
  • 1 sdt air asam jawa
  • Garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera)
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm sambal botol (bisa diganti irisan cabai rawit hijau)
  • Irisan ketimun
  • 2 sdm air matang


Beres, bahannya sudah saya bagikan, sekarang selanjutnya kamu segera action. Pertama mulailah dari membentuk kulit martabaknya. Perhatikan dengan seksama cara berikut.

  1. Sediakan tepung terigu, campurlah sedikit margarin cair, telur dan garam.
  2. Uleni campuran diatas dengan bantuan air sedikit demi sedikit hingga adonan benar-benar menyatu menjadi satu kesatuan (kalis).
  3. Bagi adonan yang sudah kalis menjadi 2, lalu rendam dengan minyak goreng yang masih bagus atau baru, usahakan jangan memakai minyak bekas gorengan atau jelantah.
  4. Diamkan selama 1 jam.
  5. Lalu angkat semua adonan dari rendaman minyak goreng ke mangkok atau tempat sejenis lainnya, tutup dengan kain atau serbet bersih.


Sudah selesai, adonan kulit martabak siap kita eksekusi sewaktu-waktu. Sekarang saya akan mengajak kamu pada cara membuat beranekaragam isi martabak yang lengkap dan enak. Untuk caranya perhatikan tips dibawah ini.

  1. Ambil bawang putih dan bawang bobai, lalu tumis hingga setengah matang atau hingga bawang beraroma harum, tambahkan merica, curry powder, irisan daunn bawang, garam dan daging giling.
  2. Aduk terus-menerus dengan perlahan hingga matang, patokannya adalah daging giling hingga matang, lalu angkat, bagi menjadi 2 bagian.
  3. Aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut. Angkat. Sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.
  4. Ambil 4 telur,kocok, sisihkan 2 sendok makan untuk tambahan campuran adonan kulit yang sudah kamu buat pada tips diatas, lalu masak 2 sendok telur ini menjadi orak-arik setengah matang.


Sudah beres. Lalu pungkasnya adalah mengaplikasikan semuanya menjadi martabak telor seperti yang dijual di pinggir jalan atau biasanya kalau ditempat saya penjual martabak telor didepan-depan alfa/indomart. Perhatikan dengan seksama cara membuatnya berikut ini.
Ambil adonan kulit, pipihkan dengan ujung telapak tangan bawah sambil jempol kekanan dan kekiri hingga adonan kulit martabak membentuk bulat dan tipis, ulangi berkali-kali hingga bentuknya benar-benar bulat dan bagus. Agar bentuknya lebih sempurna bisa digilas dengan botol.

Sediakan mangkok, lalu isi dengan telur, kocok hingga putih dan kuningnya menyatu. Setelam itu campur kocokan telur ini dengan daging giling, orak-arik telur, irisan daun bawang, merica dan garam, silahkan campuran ini kamu aduk-aduk hingga terlumat menjadi satu.

Nah sekarang buat lagi adonan kulit berserta isinya, seperti diatas.

Setelah itu masak di wajan ceper berisi minyak goreng secukupnya, jangan terlalu banyak minyak gorengnya nanti hasil martabak kamu penuh dengan minyak. Lalu masukkan adonan kulit yang sudah kamu tipiskan ke wajan goreng, masukkan isi martabaknya, tutup isi martabak dengan melipat kulit adonan kekanan dan kekiri hingga isi tertutup rapi, angkat setelah matang.

Beres.. kamu sekarang sudah bisa membuat martabak sendiri. Sajikan martabak itu selama masih hangat, bumbu akan terasa harum dan nikmat selama dalam keadaan hangat.

Ada cara lain yang bisa kamu kerjakan selain membuat martabak telor ini seperti Mie I Fu Cina, seperti yang kita lihat dipinggir jalan, masakan mie I Fu Cina ini merupakan salah satu jenis kuliner cina Indonesia yang populer, kamu patut mencobanya. Selamat mencoba..