Resep dan Cara yang Benar Membuat Bakso Sapi Spesial| Bumbu Masakan Aneka Kreasi Kuliner Khas Indonesia -->

Resep dan Cara yang Benar Membuat Bakso Sapi Spesial

Bakso yang spesial dibuat dari orang yang membuatnya sesuai cara yang benar, mulai bahan dan proses pembuatannya juga berpengaruh pada hasilnya. Bakso merupakan makanan yang sangat mendunia dan familiar, meski begitu makanan ini selalu survive dari lekangnya zaman, sehingga tak heran di Indonesia sendiri warung baso dimana-mana dengan rasa khas masing-masing.

Bakso yang enak menurut pribadi saya adalah yang berbahan daging mendominan dan resepnya lengkap dan pas sesuai lidah OrIndo. Bahan bakso beraneka ragamnya, mulai dari ikan, daging ayam, kambing, sapi dan lain sebagainya, namun yang sering digunakan dari daging sapi dan ikan.

Nah, kali ini saya ajak untuk memproduksi sendiri bakso rumahan dari bahan sapi berasa spesial khas Indonesia. Perhatikan berikut ini cara membuatnya dan dari bahan-bahan apa saja.

cara yang benar membuat bakso sapi spesial

#Bumbu Bakso Sapi yang Lengkap yang harus Dipenuhi Agar Khas Spesialnya Bisa Didapatkan

Bumbu khusus untuk baksonya, sbb:
  • 250 gram daging sapi, giling sampai halus sekali
  • 125 gram tepung kanji
  • 25 cc air
  • 1/2 sendok makan garam
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Resep kuah ayamnya, sbb::
  • 750 cc kaldu ayam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam
  • 1 batang daun bawang, iris tipis-tipis

#Cara yang benar membuat bakso sapi hingga siap santap, sbb:
  1. Siapkan daging sapi, giling dengan tepung kanji, merica, garam, dan bawang putih. Semakin banyak bahan daging yang digunakan, semakin lezat rasa khas daging sapi. Ukuran perbandingan daging dan tepung kanji 1:1/4 atau sesuaikan saja dengan selera masing-masing.
  2. Siapkan air dan masak sampai mendidih, lalu api dikecilkan sampai air tidak bergolak lagi.
  3. Cetak adonan bulat-bulat, besar bulatan bakso sesuai selera namun tidak erlalu besar, agar saat dimasak dapat matang hingga kedalam bakso. Rebus adonan bulat-bulat tadi kedalam rebusan air panas tersebut kira-kira 10 menit saja, besaran bakso juga mempengaruhi lama matangnya.


Sekarang kita buat kuah berkaldu ayam..

Siapkan kaldu ayam dan didihkan, tambahkan merica bubuk dan garam, aduk perlahan sampai merata, masukkan bakso yang sudah matang, didihkan kembali, tujuannya agar kaldu ayam merasuk pada bakso tersebut, angkat dan taburi dengan daun bawang.

Beres.

Sajikan secara dadakan dan panas di mangkok, ambil bakso dari tempatnya yang disimpan dengan rendaman kaldu ayam tadi. Tambah kecap manis, saus, dan sambal sesuai selera masing-masing.

Nah, itulah cara membuat bakso sendiri dirumah rasa spesial yang rasanya tidak kalah dengan bakso spesial yang dijual restoran bakso. Ada banyak masakan lainnya yang bisa kamu coba seperti pempek palembang yang bisa kamu fahami dulu bahan dan cara membutanya dilaman Resep dan Cara Membuat Pempek Palembang yang Enak, semoga berhasil..

Setiap pengerjaan masak-memasak dari seseorang dengan yang lainnya, bisa jadi rasa dan hasilnya berbeda. Ada orang tua pernah berkata pengerjaan tangan menentukan hasil, sehingga bumbu yang sama belum tentu hasil masakannya mempunyai rasa yang sama pula. Itulah pekerjaan dapur, sulit bahakan sangat sulit dan rumit. Dengan sering mencoba dan berkreasi memasak akan menyempurnakan hasil masakannya. Selamat mencoba..