Cara Mengolah dan Membuat Pempek Seperti Kapal Selam| Bumbu Masakan Aneka Kreasi Kuliner Khas Indonesia -->

Cara Mengolah dan Membuat Pempek Seperti Kapal Selam

Cara mengolah dan mencetak pempek seperti kapal selam tidaklah mudah, perhatikan caranya dengan seksama dan perlu kesabaran agar hasil bentuknya rapi dan sempurna sesuai yang kita inginkan.

Pernahkan kamu jajan pempek khas palembang? Nah, disana kamu akan menjumpai model pempek seperti kapal selam, biasanya jajanan pempek ini ada dua jenis, yakni model pempek kecil dan besar, dan biasanya yang ukuran besar, modelnya seperti kapal selam dan didalamnya berisi telur rebus ayam.

Apa yang kamu rasakan saat makan pempek, sangat menggugah selera bukan! rasanya yang khas, pedas dan asam dari kuah cuka yang pedas dan dilengkpai dengan potongan kecil memanjang timur segar sebagai pereda pedas dimulut. Rasa khas pempek berasa ikan dengan campuran sagu yang kenyal dan gurih, kamu bisa mencobanya sendiri.

Cara membuat pempek kapal selam seperti biasanya. Hanya yang berbeda cara mengepalnya seperti kapal selam. Biasanya model pempek yang seriing dujumpai seperti pempek lenjer, pempek kulit, pempek keriting, pempek panggang, dan pempek lainnya, dan kali ini kita akan membuat pempek model kapal selam.
Baca juga: Resep dan Cara Membuat Pempek Palembang yang Enak
Dilaman diatas sudah saya bahas sebelumnya, bisa kamu kunjungi, namun jangan khawatir jika tidak sempat membaca laman itu akan saya tulis ulang dengan detail dibawah ini, mulai dari bahan yang disediakan dan cara mengolahnya hingga siap santap.

membuat pempek seperti kapal selam

#Bahan Pempek yang Harus Disiapkan Terlebih Dahulu
  • 1 kg daging ikan tenggiri, giling hingga halus
  • 500 gram tepung terigu
  • 1 kg tepung tapioka
  • Air panas
  • Garam
  • Telur ayam
  • 100 gram bawang putih
  • Minyak goreng secukupnya

#Bahan Untuk Membuat Kuah/Cuko Pempek
  • 1 liter air
  • 1 kg gula merah, potong sisir-sisir hingga halus
  • 150 gram bawang putih, haluskan bersama kulitnya
  • 250 gram cabe rawit, tangkainya jangan dibuang
  • 2 sendok makan cuka
  • 1 sendok makan garam

#Pengolahan yang benar Pempek yang Benar
  1. Untuk membuat kuah cuko pempek. Campur dan masak air bersama gula merah lalu masukkan bawang putih dan cabe rawit yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan cuka dan garam sampai mendidih. Saring dan sisihkan.
  2. Siapkan bawang putih dan cabai, haluskan, dan tambahkan kedalam rebusan itu, tambahkan garam dan cuka makanan, tunggu sampai benar-benar mendidih.
  3. Buat pempek. Caranya: siapkan tepung terigu dan tapioka, dan ikan tenggiri, campur hingga rata, tambahak air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai adonan kalis tetapi jangan terlalu lembek.
  4. Buat adonan pempek berbentuk bulat lalu pipihkan, masukkan telur ayam ketengan adonan pempek, kemudian tutup lagi, itulah model kapal selam, kerapian dan bentuk yang sempurna tergantung masing-masing, biasanya pertama kali membuat belum bisa sempurna dan rapi.
  5. Rebus adonan yang sudah dicetak dengan air yang sudah mendidih, tujuannya agar tidak lengket didalam tempat rebusan. Rebus hingga matang yang ditandai pempek mengapung, angkat pempek dan tiriskan.
  6. Siapakan kuali dan masukkan minyak goreng berkualitas, goreng pempek hingga kecoklatan atau matang.
  7. Beres, dan sajikan dengan kuahnya dan potongan timun, potongan sesuai selera, biasanya seperti dadu atau seperti potongan lidi.


Itulah cara mengolah pempek hingga siap saji. Pempek sangat cocok disantap saat pagi hari atau saat cuaca sejuk dan dingin, karena rasa pedasnya akan menggoda mulut dan puas diperut. Tidak hanya memasak pempek saja, kamu juga bisa mencoba memasak sambal teri pedas, yang bisa dilihat caranya dilaman Sambal Teri, Resep Spesial Sambel Teri Hot, semoga artikel ini bermanfaat bagi ibu rumah tangga, ibu yang sayang keluarga adalah ibu yang pinter memasak -^^- Jadi ibu harus selalu belajar memasak yang enak dan menarik bentuknya, agar keluarga menjadi hemat, tidak jajan terus -^^-

Selamat mencoba Resep Membuat Pempek Kapal Selam yang lezat dan spesial ini. Jika Anda belum berhasil pada kesempatan pertama, jangan menyerah silahkan coba lagi sampai berhasil membuat pempek kapal selam yang sempurna. Jangan lewatkan juga info resep masakan lainnya seperti resep membuat tumis iga daging sapi asam spesial dan resep ayam kecap manis lezat mantap hanya di blog resep masakan ini.