Cara Membuat yang Benar Sate Ayam Khas Kota Ponorogo| Bumbu Masakan Aneka Kreasi Kuliner Khas Indonesia -->

Cara Membuat yang Benar Sate Ayam Khas Kota Ponorogo

Sate kota Ponorogo menjadi perbincangan pecinta kuliner nusantara sampai saat ini, pasalnya khas sate ini pas dimulut dan puas diperut. Meskipun tidak se-populer sate madura namun soto ini tidak kalah enaknya dengan sate madura.

Untuk mencicipi sate Ponorogo ini tidak harus pergi ke kota tersebut, sudah banyak disetiap kota yang menjual sate ini dengan mudah.

Ciri khas yang mudah diingat pada sate Ponorogo adalah sayatan daging ayamnya, daging ayam pada sate Ponorogo tipis dan memanjang sehingga tersa lebih empuk dan gurih. BUmbu ayam tersbut dibacem trlebih dahulu sehingga bumbunya benar-benar meresap kedalam daging ayam. Dalam penyajiannya, sate Ponorogo biasanya terdapat aneka usus, kulit dan telur ayam muda. Disinilah perbedaannya dengan sate lainnya. Sate Ponorogo juga tidak kalah enaknya dengan sate sekelas lainnya, kamu patut mencoba mencicipi.

Nah, kali ini saya akan berikan cara membuatnya sendiri, tidak harus selalu beli jika kamu sedang kepingin sate Ponorogo. Cara membuatnya juga tidak membutuhkan bahan yang spesial, bahan mudah didapat, sehingga masakan ini sangat cocok sekali dipraktekkan sewaktu-waktu. Ikuti resep dan cara membuatnya dibawah ini.

sate ayam khas kota ponorogo harianbumbumasak

#Bahan dan Bumbu yang wajib disediakan untuk rasa yang sempurna
  • Tusuk sate
  • Minyak goreng 25 ml
  • Air matang 200 ml
  • Daging ayam 500 gram, dipotong pipih memanjang, jika akan ditusukkan ditangkai sate, hanya meotong kecil-kecil saja.
  • Kacang tanah 150 gram dari proses oven dan dihaluskan
  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 5 siung
  • Bawang goreng
  • Ketumbar 1 sendok makan
  • Garam 1 sendok teh
  • Serai satu batang yang telah dimemarkan
  • Kunyit secukupnya
  • Kecap manis
  • Lontong
  • Gula merah

#Cara yang Benar Memasak Sate Ayam Khas Kota Ponorogo
  1. Siapkan kunyit, bawang putih dan merah, dan ketumbar. Haluskan semuanya, sisihkan.
  2. Siapkan wajan dan isi minyak goreng, lalu buat masakan tumisan bumbu yang telah dihaluskan tadi dengan api kecil, sambi diaduk dan tambahkan kacang halus, jahe, dan garam. Tumis semua hingga benar-benar matang dan harum, sisihkan terlebih dahulu.
  3. Siapkan daging ayam dan masak hingga setengah matang, kurnag lebih 10 menit saja, jangan terlalu lama, nanti terlalu empuk dan bisa-bisa remuk tidak bisa tusuk dengan tusuk sate. Dinginkan daging ayam sampai dingin.
  4. Potong daging ayam tadi sesuai selera, tusuk dengan tusukan sate, panggang diatas api arang sampai matang.
  5. Siapkan gula merah, kecap, dan garam. Lalu aduk jadi satu, bumbu ini untuk bahan celup saat proses membakar sate, celupkan beberpa kali disela-sela membakar sate. Bolak-balik sate diatas panggangan hingga benar-benar matang dan harum.

#Cara Penyajian Sate Ponorogo yang Menarik dan menggoda Hati

Cara yang menarik saat menghidangkan sate ini dengan memberi potongan lontong tipis sesuai selera, taruhlah sate diatas potongan lontong, beri bumbu kangan diatasnya dengan merata, sesuaikan banyaknya bumbu sesuai selera masing-masing, semakin banyak bubuhan bumbu diatasnya, rasanya juga semakin lezat.

Bahan-bahan bumbu sate diatas hanya cukup untuk 6 porsi saja, jika kamu ingin membuat sate yang banyak, maka tambah porsi resep bumbu diatas dengan kelipatannya.

Itulah cara membuat sate khas Ponorogo. keistimewaan sate ini adalah proses membuatnya, mulai dagingnya dimasak terlebih dahulu dan diberi bumbu pulas, sehingga sate yang  siap saji benar-benar rasa bumbunya terasa sampai dalam potongan daging, dan tentu rasanya gurih, apalagi ditambah bumbu kacang saat disajikan, luar biasa sekali lezatnya.

Ada cara memasak masakan lain yang patut kamu coba juga seperti opor ayam, bisa dilihat di artikel Cara Membuat Opor Ayam Kering Spesial dan Lezat, semoga cara ini dapat memberikan inspirasi untuk belajar praktek memasak dirumah masing-masing, dan harapannya kamu dapat lebih kreatif lagi agar hasil masakan lebih sempurna dan sesuai selera keluarga masing-masing.

Selamat mencoba..