Resep Masakan Sederhana Tahu Goreng Berbagai Aneka Rasa| Bumbu Masakan Aneka Kreasi Kuliner Khas Indonesia -->

Resep Masakan Sederhana Tahu Goreng Berbagai Aneka Rasa

Model masakan olahan tahu saat ini memang bervariasi sekali, apalagi untuk asupan gizi anak-anak..wah tentu anak kita gemuk-gemuk bukan! karena tahu merupakan makanan yang penuh gizi..sebab dari pembuatannya saja diambil dari sari kedelai, tentu lebih bagus gizinya ketimbang olahan tempe.

Tapi, jujur ni dari saya pribadi..kalau disuruh memilih olahan tempe dan tahu, maka saya pilih tempe..ini faktor lidah sih..belum tentu kamu juga menyukainya. Padahal secara konten didalam tahu mempunyai kandungan gizi yang lebh bagus daripada tempe.

Nah, dari masalah ini tentu akan lebih banyak menyukai masakan tahu tersebut jika memasaknya ada inovasi modern, agar tampilannya menggugah selera..kamu perlu membubuhi bumbu spesial agar rasa masakan tahu tsb menjadi gurih dan enak.



Sebenarnya sudah banyak sekali website yang membahas olahan tahu dengan bahan-bahan yang berbeda-beda, namun terkadang menjadikan banyaknya info itu bingung..mana yang benar dan rasanya paling enak..

..disini akan saya ulas bahan membuat resep olahan tahu goreng modern yang kaya inovasi yang bisa kamu praktekkan langsung untuk dijadikan menu sederhana disetiap kali sarapan.

#1 Resep Masakkan Tahu Goreng "Sederhana", Berlapis Tepung Roti


Inovasi modern olahan tahu yang akan dibahas disini menggunakan bahan tepung roti.. hasilnya beda loh, berikut bahan-bahannya:

  • Siapakan 5 buah tahu, masing-masing dibelah dibelah dua model segitiga
  • Siapkan juga 2 buah telur ayam, silahkan dikocok sampai tercampur dengan garam, pemberian garam secukupnya saja sesuai selera masing-masing
  • Sediakan pula 5 sdm/sendok makan tepung terigu
  • Jangan lupa beri 2 siung bawang putih kemudian langsung dihaluskan
  • Bisa ditambahkan air sebanyak 100 ml air, usahakan tidak adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer
  • rasakan sedikit adonan itu, jika perlu tambahan garam maka beri lagi garam sampai rasanya pas di lidah, beri tambahan merica dan penyedap rasa/royko
  • Lalu yang tidakk boleh lupa adalah bahan tepung roti, beri campuran adonan tsb 6 sdm tepung roti
  • siapkan minyak goreng baru dari kemasan seperti bimoli dan lain sekelasnya agar rasanya gurih, goreng sampai benar-benar matang, jangan sampai gosong.

Cara mengolahnya yang wajib kamu lakukan agar rasanya paling enak, jangan sampai prosesnya kamu ringkas karena sudah diuji hasil akhirnya hanya saja banyak ibu-ibu yang tiddak sabar karena menurutnya prosesnya bertele-tele.

Yuk ikuti proses mengolahnya agar rasanya bisa maksimal, begini:

Siapkan bawang putih, garam, merica bubuk dan penyedap rasa seperti royko, campur rata dalam air sebagai bahan perendam tahu sebelum digoreng.

Rendam tahu selama setengah jam saja, tahu boleh yang masih putih atau yang sudah digoreng dari penjualnya..bebas saja, disini tujuannya agar rasa tahu memiliki kandungan rasa gurih saat digoreng ulang. Tiriskan tahu setelah direndam.

Siapkan kocokan telur kedalam wadah lempeng, lalu celup tahu dan bolak balik kedalam kocokan telur, angkat dan selimuti tahu itu dengan tepung terigu, lalu celup lagi ke kocokan telur, ingat ya bun..berarti memasukkan ke telur jumlanya 2 kali. Bertele-tele tampaknya kan bun.. tapi hasilnya bisa kamu bedakan sendiri lah nanti.

Setelah itu siapkan lagi tepung yang jenisnya beda, ini untuk balutan terakhir, prakteknya dengan mengguling-guling tahu ke tepungroti, yakni tepung roti seperti merek tepung bola salju.

Jadi prosesnya: celup ke telur >> tepung terigu >> celup telur >> tepung bola salju.

Lalu goreng degan miyak goreng yang masih bersih atau baru, siapkan api kompor sedang saja tidak telalu kebesaran nanti akan gosong luarnya dan biasanya balutan dalam masih mentah. Jadi setiap menggoreng gunakan api sedang saja ya Bun..

Tiriskan dan sajikan dengan saus sambal dan campurlah dengan cabe rawit yang sudah ditumbuk sebagai tambahan rasa pedasnya.

Selanjutnya masih pada olahan tahu goreng namun punya perbedaan model dan resepnya.

#2 Resep Lengkap Perkedel Tahu Dilengkapi "Kornet Daging Sapi"


Kalau gorengan tahu sebelumnya.. yang sering dipraktekkan oleh kalangan bunda di komunitas blog ini seperti pada no #1, dan kali ini saya akan memberikan resep tahu gorengan dengan pelengkap perkedel bercampur kornet menggunakan daging sapi.

Bedanya pada rasa akhirnya, musti lebih enak lagi karena ada dagingnya dan ada tambahan resep yang berbeda dan jarang ditemui.

Langsung saja ikuti cara membuat resep hingga mengolahnya sampai siap untuk disajikan.

Bahan-bahan yang harus dilengkapi, lihat detail bahan bumbu-bumbunya, sebagai berikut ini.

  • Siapkan bahannya 8 buah tahu ukuran kecil, lalu hancurkan atau haluskan.
  • Siapkan juga bahan utamanya yakni korne, cukup 200 gram kornet sapi. Ini untuk olahan tahu 8 buah ukuran kecil, jika menggunakan ukuran tahu besar cukup 4 buah tahu saja atau sesuaikan, yang penting jangan kebanyakan tahu-nya nanti rasanya kurang berasa.. kalau kekurangan tahu-nya malah lebih berasa sekali, jadi tidak masalah jika jumlah tahu kamu kurangi
  • Siapakan 2 butir telur
  • 1 batang daun bawang atau kucai diiris kecil-kecil seperti potongan lidi
  • lengkapi 2 butir bawang merah diiris kecil-kecil tidak terlalu lembut selembutirisan bawang, jadi irisan bawang disiniagak kasar tidak masalah
  • Begitu juga siapkan 1 siung bawang putih diiris kasar
  • lengkapi 1/2 sdt merica bubuk, jika tidak ada merica bubuk bisa menumbuk sendiri pakai tumbukkan loyang batu
  • siapkan juga 1/4 sdt kaldu sapi bubuk atau penyedap rasa seperti royko rasa sapi
  • Siapkan garam secukupnya, praktekknya kalau kekurangan bisa ditambahkan sendiri sesuai selera masing-masing, kalau saya suka yang agak berasa asinnya sekitar ukuran 1/2 sdm
  • Jangan lupa juga lengkapi dengan minyak untuk menggoreng,lebihbaik minya baru, jika minyak goreng bekas agar hasilnya tetap sama masukkan 2 serai (gak perlu dihalusnya cukup panjang-panjang saja) saat menggoreng agar minyak menjadi harum dan hasil gorengannya jadi gurih

Adapun cara membuatnya mudah saja, begini..

Pertama kali yang wajib kamu lakukan adalah mengocok telur sampai encer, lalu barulah masukkan bumbunya seperti bumbu bawang merah, kucai atau daun bawang, bawang putih. Lalu tambahkan garam, merica dan penyedap rasa seperti royko rasa bebas baik rasa ayam maupun sapi. Semua bahan ini dikocok menjadi satu sampai rata lalu masukkan kornet tersebut begitupun tahu-nya, aduk jadi satu hingga tercampur semua.

Kedua, panaskan minyak goreng, coba ambil adonan sedikit saja sesendok makan, bentuk sesuai keinginan kamu dan gorenglah dengan api sedang sampai matang atau sampai adonan berwarna kuning tua, angkat dan tiris.

Model gorengan tahu kedua ini sudah beres, kamu bisa membuatnya sewaktu-waktu.

Nah,selanjutnya saya akan memberikan lagi kreasi olahan tahu lainnya yang bernama tahu pepes.

#3 Resep Pepes Tahu Sedernaha Namun Rasanya Bisa Maksimal


Kali ini meski menggunakan bumbu sederhana, kali ini saya akan mencoba berbagi resep minimalis olahan pepes tahu namun rasanya bisa diadu dengan buatan para kuliner lainnya.

Ukuran bumbu memang mempengaruhi hasil akhirnya, untuk itu perhatikan bahan-bahan yang harus kamu siapkan, bahannya mudah didapat bun..berikut ini perhatikan.

Bumbunya:


  • Siapkan bahan utama tahu-nya sebanyak 10 ukuran tahu kecil.
  • Daun bawang sedikit saja, cukup 2 batang, potong kecil-kecil seperti potongan lidi.
  • Caberawit satu biji saja agar tidak terlalu pedas.
  • Telur 1 biji.
  • 3 bawang merah dan 2 bawang putih, iris tipis-tipis
  • Garam secukupnya, saran saya 1 sendok teh saja.
  • Penyedap rasa 1/2 sendok teh, bisa royko atau sejenisnya.
  • Daun salam dan kemangi sedikit saja, jangan banyak-banyak.
  • Daun pisang untuk membungkus dan juga lidi untuk mengancingnya.


Nah sekarang tinggal bagaimana cara membuatnya? muah saja kok bun.. ikuti terus panduan ini sampai rampung ya..berikut cara membuat tahu pepes sederhana degan minimalis bumbu yang sudah saya sebut diatas.

Cara mengolahnya:

Awal kali, siapkan daun pisang sebagai pembungkusnya nanti, potong ukuran "1 jengkal lebih 3 jari" atau sekitar 20 cm, lalu jemur disinar terik matahari sampai layu, atau bisa kamu panaskan dengan api tapi jangan sampai mengeras atau menghitam nanti daun menjadi mudah sobek dan tidak bisa digunakan.

Selanjutnya.. kamu harus mengkocok telur sampai encer, encer saja tidak sampai berbusa, mengocok telur ini agar kuning dan putihnya tercampur rata.

Siapkan penyedap rasa seperti royko atau masako rasa ayam dan tambahkan semua garam 1 sdt, masukkan kedalam kocokan telur, barulah terakhir masukkan bumbu bawang merah putih, serai dan daun bawang atau kucai. Untuk aroma yang lebih mengundang selera beri daun kemangi, aduk semua sampai merata.

Tuangkan hasil adonan diatas diatas selembar daun pisang, letakkan didalamnya 1 cabe rawit utuh dan selembar daun salam, per lembar tuang saja sedikit sekitar 4 sendok makan saja, bungkus dan kancing kedua ujung bungkusan daun pisang itu menggunakan potongan lidi yang sudah diruncingkan.

Kukus sebentar saja, jika menggunakan api sedang biasanya 25 menit adonan sudah matang dengan sempurna.

Sajikan hangat-hangat, jika ingin menghasilkan hasil harum yang berbeda, maka bakar terlebih dahulu tahu pepes yang masih terbungkus daun pisang sampai daung kecokelatan dan mengering agar hasilnya lebih harum.

Beres deh bun..

Sekarang lanjut lagi ya bun.. masih pada olahan tahu. Dan kali ini saya akan mengajak kamu membuat tumis tahu pedas.

#4 Resep Tumis Tahu Pedas Kotak Memanjang


Masakan tumis memang sebagian orang menyukainya, nah bagaimana jika tahu yang kita tumis, musti kalau tidak tahu cara memasaknya rasanya tentu tidak begitu maksimal, namun kali ini saya akan mengajak bunda membuat tumisan dari olahan tahu yang hasilnya tentu akan lebih memuaskan.

Bahanya:


  • Sediakan tahu-nya, 4 buah saja dan potonglah kotak memanjang agar modelnya lebih menarik dan menggugah selera makan.
  • Siapkan 3 buah cabai besar, potong kecil-kecil
  • 3 buah bawang merah dan 2 bawang putih, iris-iris tipis kecil
  • 3 sendok makan kecap manis dan 1/2 sendok teh
  • 1/2 sendok teh royko atau penyedap rasa, model sesuai selera
  • Sedikit minyak goreng untuk bahan mentumis


Sekarang saatnya kita ke prose memasak, sebagai berikut ini.

Siapkan kuali, curah minyak goreng sedikit saja untuk menggoreng/mentumis bumbu yang sudah kamu siapkan. Setelah minyaknya panas, masukkan bawang merah dan putih hingga harum. Setelah itu barulah masukkan potongan cabai sampai setengah matang tujuannya agar aroma cabai tidak membuat bersin, wah..kalo sampai bersin pertanda cabainya gosong, rasa pedas sudah tidak bagus.

Setelah itu, masukkan air sedikit saja, tambahkan pula garam dan penyedap rasa seperti royko atau masako. Aduk rata. Lalu masukkan saosnya, saos wajib terakhir kali karena strukturnya mudah gosong. Aduk rata sampai kuahnya menyusut, agar bumbu tidak gosong dan menghindari aroma yang menyengat..maka masak dengan api kecil saja ya bun..

Sudah beres bun.. terakhir hidangkan tahu itu bersamingan dengan bumbu yang baru kamu buat itu, hidangkan hangat-hangat agar menggugah selera makan 2 kali lebih banyak :)

#5 Bumbu Resep Sederhana Omelet Tahu Saus Pedas Kacang


Langsung saja ke poinnya, saya mulai dari bahan bumbu dapurnya, sebagai berikut ini
  • Sediakan 3 potong tahu kuning atau putih ukuran sedang lalu dipotongla layaknya dadu ukuran kecil-kecil saja, goreng setengah matang kalau dihitung waktunya sekitar 3 menitan saja, tendanya sampai kulit tepi tahu memucat.
  • Sediakan juga 4 butir telur ayam kampung atau ayam petelor, hindari telur bebek dan sejenisnya karena berbau terlalu amis
  • Sediakan 200 gram toge direbus sampai melayu
  • Petik daun seledri 3 batang saja, iris tipis-tipis
  • 1/2 sdt merica, tumbuk halus
  • Sediakan garam secukupnya sesuaikan selera lidah kamu
  • Sediakan juga minyak goreng yang baru
  • Lebih sempurna siapkan kerupuk emping melinjo untuk pelengkap saat menyajikannya nanti

Jangan lupa juga kamu harus faham bumbu pelengkap sausnya pada olahan tahu ini. Saus yang akan kamu buat nanti adalah saus kacang. Bahannya begini..

  • 1 ons kacang tanah digoreng atau diongseng hingga matang renyah
  • Sediakan 3 butir bawang merah
  • Siapkan 2 siung bawang putih, bisa juga jumlah bawang putih kuantitasnya disamakan dengan jumlah bawang merah, 1 : 1
  • Sediakan 1/2 sdt garam atau sesuaikan saja selera lidah kamu
  • Sediakan 3 sdm gula merah atau segumpal 3 jari jempol kamu
  • Sediakan 3 buah cabe rawit merah pedas atau sesuaikan selera pedas dilidahmu masing-masing
  • Sediakan 1 sdm kecap manis cap bangau agar lebih nikmat
  • Sediakan sekitar 200 ml air atau seukuran segelas kecil full

Jika semua bahan diatas sudah kamu sediakan, saatnya kita menuju ketahap pengolahannya sampai benar-benar jadi dan siap saji.

Caranya begini..

Siapkan semua telur yang telah disediakan diatas, kocok hingga rata.. pastikan putih dan kuningnya menyatu.

Dadar telur dan tahu potongan tadi dicampurjadi satu kesatuan, lalu panaskan minyak goreng sampai benar-benar panas dan masaklah hingga benar-benar matang dikedua sisi.. jangan gunakan api besar agar dadar telut tahu bisa masak hingga dalam adonan. Pastikan kedua sisi dadar telur tahu benar-benar matang kecoklatan.

Haluskan kacang ongsensg sampai halus lalu campur dengan bumbu, lalu timis dengan minya secukupnya, aduk hingga tumisan merata dan matang bau harum.

Siap saji.. Caranya letakkan tahu telur diatas piring, tempelkan toge diatasnya, lalu lumuri dengan tumis bumbu kacang tadi, taburi dengan irisan-irisan tipis seledri, berikan juga kecap diatasnya dan sandingkan dengan gorengan kerupuk emping.

Ok siap disantap.

#6 Olahan Tahu Berbumbu Sambal Goreng Tomat.. Ada Buah Apelnya Juga Loh


Nah kali ini saya mengajak ntuk membuat olahan tahu yang menyatu dengan sambal tomat spesial yang dilengkapi dengan irisan buah apel agar rasanya beda nikmatnya.

Yuk..Ikuti bahan dan cara memasaknya..

  • Tersedia 5 buah tahu, dipotong dadu kecil-kecil lalu goreng setengah matang ditandai kulit tahu berwarna pucat
  • Tersedia 50 gram apel hijau, dikupas dan potong dadu kecil
  • Tersedia 1/2 sdt garam atau terserah selera kamu, karena setiap lidah punya selera rasa asin yang berbeda-beda
  • Tersedia pula gula pasir dan penyedap rasa seperti royko atau masako..secukupnya
  • Sediakan 50 ml air.. sebanyak 1/2 gelas kecil ukuran aqua gelas
  • Tersedia minyak goreng yang bersih..tidak perlu yang baru yang terpenting masih bersih...agar hemat :) karena hari ini masih tanggal tua jadi kita harus hemat


Beress..sekarang kamu harus menyediakan bumbu halusnya..bisa buat sendiri, adapun bahannya mudah didapat, berikut ini.

  • Tersedia 3 buah cabe merah besar dan 2 Cabe Rawit pedas
  • Tersedia 1 siung bawang putih
  • Tersedia 1 buah tomat matang
  • Uleg semua bahan bumbu ini
    seperti layaknya kamu membuat sambal

Cara memasaknya begini..

Pertama tumis bumbu yang telah dihaluskan itu hingga matang harum. Tuang sedikit air lalu masukkan dadu buah apel itu dan aduk hingga benar-benar merata.

Masukkan dadu tahu setengah matang tadi kedalam olahan tuisan bumbu ini, lalu aduk hingga benar-benar merata dan tunggu hingga matang. Pastikan bumbu meresap kedalam dadu tahu.

Ok.. siap untuk disantap lahap-lahap.


#7 Olahan Tahu Semur Pedas Manis


Sekarang akan membuat olahan tahu berasa pedas manis dilengkapi kuah yang banyak alias olahan tahu semur. Lihat bumbu dan caranya dibawah ini.

Enggak usah berlama-lama, bahannya adalah:

  • Tersedia 10 buah tahu potonglah dadu kecil-kecil, goreng setengah matang saja
  • Tersedia 6 buah cabe besar
  • Tersedia 4 sdm kecap manis cap bagau
  • Tersedia 4 buah bawang merah, iris terlebih dahulu
  • Jangan lupa siapkan 2 siung bawang putih diiris
  • Tersedia 800 ml air matang/galon
  • Ada garam dan penyedap.. secukupnya
  • Ada minyak goreng bersih..untuk keperluan tumis

Cara memasaknya begini..

  1. Panaskan minyak 3-4 sdm, tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang harum. Tuang air matang/galon, lalu masukkan tahu goreng setengah matang tadi..serta jangan lupa masukkan cabe besar, lalu masak hingga mendidih.
  2. Masukkan kecap, garam dan kaldu bubuk (royko atau masako) kemudian aduk rata dan tunggu hingga mendidih kembali, matikan kompor dan siap untuk disajikan.

Ok..beres dan siap santap bersama.

#8 Olahan Tahu Bacem Berkuah Air Kelapa


Baceman tahu berkuah air biasa sudah bosan..nah, kali ini bisa kamu ganti kuahnya dengan air kelapa agar rasanya lebih menggoyang lidah kamu.

Tidak berlama-lama, ikuti bahan dan cara memasaknya.

  • Tersedia 7 buah tahu, tidak perlu kamu iris-iris...biarkan saja
  • Tersedia air untuk merebus yakni dengan air kelapa..boleh muda atau tua yang terpenting belum basi
  • Tersedia 2 lembar daun salam yang sudah kering
  • Ada garam dan penyedap..secukupnya
  • Ada minyak bersih untuk menggoreng


Lalu setelah kamu sediakan bahannya diatas, sekarang buat bumbu halusnya, begini bahannya..

  • Tersedia 1 sdm ketumbar
  • Tersedia 4 buah bawang merah
  • Sediakan 3 siung bawang putih
  • Siapkan juga 3 cm lengkuas muda
  • Siapkan 1 kepalan gula merah...gula ini memang agak banyak

Sekarang mari ikuti memasaknya, begini proses awalnya..

  1. Tuanglah air kedalam panci..lalu masukkanlah bumbu halus dan daun salam kering, beri garam dan royko/masako..banyaknya sesuai selera yang kamu butuhkan, lalu aduk hingga benar-benar merata.
  2. Masukkanlah tahu utuh kedalam panci, pastikan tahu terendam air bumbu itu. Panaskan lagi dengan api kecil sampai air mendidih dan air hanya tersisa sedikit dan pastikan bumbunya menyerap, matikan kompor gas.
  3. Panaskan minyak, goreng tahu yang sudah diresapi bumbu ini hingga matang berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Ok.. olahan tahu baceman sudah siap santap lahap-lahap. Pastikan saya kebagian masakanmu ini ya :)


Dari sekian beragam olahan tahu bisa kamu coba semua dan pahami rasanya masing-masing agar bisa dijadikan dokumentasi kuliner kamu, agar sewaktu-waktu bisa kamu ulangi lagi masakkannya itu. Selamat jadi ibu hebat!!