Ukuran Per Kg Bahan Kue Cubit agar Empuk dan Lembut| Bumbu Masakan Aneka Kreasi Kuliner Khas Indonesia -->

Ukuran Per Kg Bahan Kue Cubit agar Empuk dan Lembut

Membuat kue cubit yang empuk dan lembut tentunya harus mengerti takarannya agar hasilnya pas dimulut puas diperut..tentu dengan mengetahui betul banyaknya ukuran untuk 1/2 kg atau 1 kg nya. Kebanyakan para pembuat kue ini belum mampu menguasai secara sempurna ukuran resep yang ia gunakan..alhasilnya pun tentu selisih dengan panduannya diberbagai sumber kuliner yang bertebaran melalui internet sana.


Faktor lain yang mengubah rasa adalah cara mengolahnya atau proses memasaknya dari emntah hingga siap santap..alih-alih mengirit bahan namun hasilnya justru gagal total dan membuang tanpa ada yang bisa dimakan.

Seperti yang diulas banyak kuliner kue..bahwa resep yang sudah disediakan diberbagai macam rujukan jangan berani merubahnya karena itu akan membuat kegagalan, sebenarnya bukan masakan kue saja yang berlaku untuk masalah ini, artinya semua bahan olahan makanan baik kue maupun masakan dapur harus sesuai petunjuknya jangan sampai mengurangi maupun menambah bahan yang telah disarankan oleh para ahli kuliner.

Stressing point-nya semua panduan harus kamu taati agar berhasil.


Nah.. kembali kepermasalahan..

Cara membuat kue cubit yang akan kita bahas disini adalah berangkat dari bahan-bahan khusus yang mendekati akurat hingga sempurna akurat untuk mendapatkan hasil kue cubit yang benar-benar memuaskan meski kamu masih pemula total.

Bahannya

  • Tersedia 3 butir telur
  • Gunakan 1 ons gula pasir
  • Gunakan 1 ons tepung terigu
  • Tersedia 1 ons margarin
  • Gunakan 1 bungkus vanili bubuk
  • Cukup 1/2 sdt soda kue
  • Gunakan 1/2 sdt baking powder, jangan sampai kelebihan
  • Sediakan keju parut dan coklat meses, jumlah banyaknya sesuai selera
Cara memasaknya:

  1. Siapkanlah wadah untuk melembutkan antara telor dan gula pasir agar menyatu sampai ditandai dengan buih-buih putih pucat, caranya kocok hingga berbuih mengembang serta pastikan juga gulanya sudah tercampur dan larut. Kamu juga bisa menggunakan mixer untuk hasil yang lebih instan.
  2. Taburkan tepung terigu kedalam wadah berisi kocokan telur tadi dikit demi sedikit disertai adukan yang pelan sampai semua tepung tercampur merata, lalu tuangkan margarin tapi harus dicairkan dulu dengan pemanasan diatas kompor gas dengan api kecil, aduk rata, setelah rata barulah terakhir masukkan soda kue, baking powder, vanili bubuk sebagai pewanginya, aduk terus sampai merata, setelah adonan jadi, pindah kedalam tempat muk atau teko agar memudahkan untuk menuangkan kedalam cetakan kue cubit.
  3. Taruh cetakan kue cubit diatas kompor..panaskan, olesi margaris agar cetakan tidak lengket. Setelah cetakan terlumuri margaein dan sudah dipastikan panas, tuangkan adonan kedalam cetakan sebanyak separuhnya cetakan..tutup.
  4. Amati adonan setelah 5-10 menit..saat adonan mulai mengembang atau padaposisi adonan setengah matang..taburi keju parut dan cokelat meses..tutup kembali sampai adonan benar-benar matang sempurna hingga ditandari warna kue bagian bawah menjadi setengah cokelat..pastikan jangan sampai pernah gosong karena hanya akan membuat perhatian peminat semakin berkurang..dan rasa kuenya pun tidak begitu enak.
  5. Roti siap untuk disajikan..keluarkan dahulu kue setelah menjadi hangat..jangan panas-panas kamu keluarkan atau terlalu dingin, sebab nanti akan lengket. Taburi sisa keju jika masih tersisa..diatas kue cubit agar rasanya lebih nikmat dan gurih.

Ada jenis kue cubit dengan aroma lain seperti aroma nangka yang bisa kamu beri sedikit sentuhan berbahan iris-irisan nangka agar hasilnya lebih istimewa. Bahan dan cara membuatnya hampir-hampir sama seperti kue cubit sederhana diatas, namun agar tidak membuat ragu-ragu pada diri kamu..tetap akan saya pandu bahan dan cara memasaknya sampai siap untuk disajikan.

Bahannya:

  • Tersedia bahan utama 3 buah daging nangka, irirs dadu-dadu kecil
  • Mengguanakan 1 ons tepung terigu
  • Siapkan 3 sdm margarin
  • Menggunakan 50 gram gula pasir
  • Tersedia 1 sachet susu kental manis
  • Gunakan 1 butir telur ayam
  • Gunakan 1/4 sdt baking powder
  • Gunakan 200 ml air atau sebanyak 1 gelas kecil air
  • Gunakan coklat meses untuk taburan

Cara memasaknya begini..


  1. Siapkan telur dan gula, masukkan ke wadah dan kocok mengguakan mixer maupun manual dengan kocokan spiral, setelah mengembang yang ditandai buih-buih pada kocokan telur dan gula tadi masukkan margarin cair, susu manis saset, dan baking powder..kocok lagi dan masukkan air 200 ml tadi..kocok sampai merata menjadi satu kesatuan. Lalu taburkan tebung terigu sedikit demi sedikit sampai tepung habis dan pastikan tepung bercampur sampai benar-benar merata.
  2. Agar tepung teraduk merata gunakan adukkan manual dari spatula sampai rata dan cermati jangan sampai ada tepung yang menggumpal..terakhir barulah memasukkan potongan nangka tadi..aduk rata.
  3. SIapkan cetakan dan panaskan diatas kompor gas dengan api kecil, olesi margarin agar sisi-sisi cetakan tidak lengket..tuang adonan hingga rata pada cetakan..tutup tunggu adonan sampai setengah matang. Taburi cokelat meses diatasnya sampai merata, tutup kembali dan tunggu sampai kue benar-benar matang..angkat setelah kue sudah hangat dari cetakan..dan sajikan saat itu juga agar rasa hangatnya berasa dimulut dengan aroma buah nangka yang sangat harum.

Sekian olahan kue keju dengan takaran 1 ons tepung, kamu bisa menambah ukurang jika kebutuhan jumlah kue yang akan kamu buat lebih banyak.. dengan begitu bahan lain selain tepungnya pun dikalikan 10 kalinya agar resepnya tetap tidak berubah, merubah ahanya akan menghasilkan kue yang tidak normal bahkan bisa membuat gagal total.

Yuk.. share pengalaman kamu tentang memasak kue cubit dikolom komentar dibawah ini agar teman-teman kamu bisa berkomunikasi dengan siap saja melalui komentar.. komentar akan dibalas jika admin sedang online.

Salam kuliner Jawa!