Resep yang Pas, Sambal Mangga Untuk Masakan Ikan Bakar| Bumbu Masakan Aneka Kreasi Kuliner Khas Indonesia -->

Resep yang Pas, Sambal Mangga Untuk Masakan Ikan Bakar

Rasa sambal mangga yang pas untuk masakan bakar jenis ikan segar memang menjadi buronan kuliner penggemar protein, selain pas dimulut juga meyehatkan ditubuh. Jenis makanan sea food mengandung banyak manfaatnya, masakan ikan ini akan sempurna jika menggunakan ikan yang tidak terdapat duri lembut seperti lele, mujair, dan ikan emas.

Ada beberapa ikan yang disebut tersebut mempunyai duri lembut dalam dagingnya, seperti yang pernah saya jumpai pada jenis ikan emas, saya kurang tahu jenis apakan ikan emas itu. Intinya saat membeli ikan, pilihlah ikan yang spesial dan segar, tanyakan apakan jenis ikan itu mempunyai duri lembut dalam dagingnya, sehingga saat disantap tidak mengganggu tenggorokan.
Baca juga: Resep Membuat Hidangan Ikan Bawal Saus Kecap
Sambal buah mangga banyak vitaminnya, sehingga dapat bermanfaat bagi tubuh, biasanya buah ini untuk manisan dan bumbu, namun kali ini akan kita buat untuk bumbu sambal, mangga yang akan dgunakan adalah mangga muda segar, bukan manga yang sudah masak.

resep sambal mangga masakan ikan bakar

Resep masakan ikan bakar yang enak adalah tidak terdapat bau amis sedikitpun, untuk itu cara mengolahnya harus diperhatikan agar ikan tidak bau amis yang menyengat. Caranya dengan merendam terlebih dahulu dengan air dan campurang perasan air jeruk nipis, merica, dan garam. Rendam beberapa menit saja, biasanya antara 15-20 menit.

Sekrang, mari langsung kita praktekkan mengolah masakan ikan bakar bersambal buah mangga yang gurih dan enak. Saya akan beri detail bumbu yang dubutuhkan sampa cara mengolahnya hingga siap santap.

Resep dan Cara membuat Ikan Bakar Sambal Mangga yang Segar

Bahan:
  • 400 gram ikan
  • 100 ml air
  • 2 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 5 sendok teh mentega

Bahan Sambal:
  • 150 gram mangga, dipotong-potong memanjang seperti potongan lidi
  • 5 butir bawang merah, tidak dihaluskan tetapi hanya dicincang sampai halus
  • 2 siung bawang putih, dihaluskan
  • 8 buah cabai merah, dicincang-cincang sampai halus
  • 3 buah cabai rawit, dicincang-cincang sampai halus
  • 1 sendok teh garam

#Cara mengolah masakan ikan bakar bersambal buah mangga muda segar, sebagai berikut.
  1. Siapkan ikan yang siap dibakar, sebelumnya sudah direndam dengan air yang bercampur perasan jeruk nipis, merica, dan garam selama sekitar 15-20 menit.
  2. Bakar ikan sampai matang, jika tidak dibakar, alternatifnya bisa dimasak menggunakan mentega, siapkan kuali dan beri mentega secukupnya, panaskan, lalu goreng ikan, buat hasilnya masakan seperti dibakar, tiriskan.
  3. Siapkan cabai rawit dan merah, bawang putih dan merah, haluskan, ini sebagai sambalnya.
  4. Siapkan kuali dan beri air secukupnya, panaskan, lalu masukkan mangga dan garam, aduk dan masak hingga 1 jam.
  5. Siapkan sambal yang sudah dihaluskan tadi, lalu tambahkan teh pada sambal, bisa perasan air teh atau daun teh yang sudah direndam, tujuannya agar tudak bau langu cabai.
  6. Siapakan kuali lagi dan beri mentega dan panaskan, masukkan ikan yang sebelumnya sudah digoreng, lalu tambahkan sambal buah mangga, masak hingga sambal meresap kedalam daging ikan, perhatikan saat memasak terakhhir kali ini, jangan sampai gosong.
  7. Angkat masakan ikan bakar bersambal buah mangga, dan sajikan.

Nah, sudah jadi masakan kita. Hidangkan masakan ini saat hangat, rasa gurihnya akan lebih berasa dimulut. Ada juga jenis masakan lainnya yang patut kamu coba pula seperti masakan opor ayam, yang bisa kamu lihat infonya dilaman Cara Membuat Opor Ayam Kering Spesial dan Lezat, dan masih banyak lagi yang bisa kamu praktekkan dari blog ini, semoga blog ini dapat memberikan inspirasi dan kreatifitas bagi ibu rumah tangga sebagai penyemangat memasak.

Selamat mencoba..